Langsung ke konten utama

Masalah kulit pada pria

mencukur jenggot kulit berjerawat

Sama layaknya wanita, para pria pun miliki masalah kulit wajah. Hanya saja, biasanya dari mereka cenderung membiarkan kasus selanjutnya hingga keadaan kulit mereka makin lama parah. Lantas apa saja persoalan kulit pria dan bagaimana cara mengatasinya?
Berbagai kasus kulit muka yang sering dialami pria

Setiap orang wajib perhatikan kesehatan kulit. Pasalnya, kulit menjadi ‘benteng pertahanan’ pertama yang melindungi Anda berasal dari bervariasi perihal yang beresiko bagi tubuh. Maka itu, mencermati beberapa masalah kulit yang termasuk kerap dialami oleh pria beserta langkah menanganinya. 
1. Jerawat

Bagi beberapa besar pria bisa saja menganggap bahwa jerawat bakal berhenti begitu mereka lewat era pubertas. Padahal, jerawat dapat datang kepada siapa dan kapan saja terkait pada suasana kulit pas itu.

Sama layaknya wanita, jerawat terhadap pria pun disebabkan oleh pergantian kandungan hormon yang mengolah minyak, supaya pori-pori jadi tersumbat. Akibatnya, keadaan berikut sebabkan perkembangan bakteri dan menimbulkan jerawat di muka pria.

Selain itu, para pria yang suka berolahraga bisa saja mulai jerawatnya jadi parah. Hal selanjutnya gara-gara memproses keringat yang berlebihan dan sebabkan muka berminyak agar meningkatkan kuantitas jerawat.

Namun, Anda tidak wajib khawatir. Masalah kulit wajah yang satu ini sanggup diatasi dengan memelihara kebersihan dan melakukan beberapa kebiasaan.
Tips menghalau jerawat terhadap pria:

    Memilih sabun cuci muka untuk pria yang cocok bersama dengan keadaan kulit.
    Rutin membersihkan muka dua kali sehari.
    Gunakan lap atau waslap yang lembut.
    Pakai obat jerawat yang memiliki kandungan benzoil peroksida, asam salisilat, atau retinol.

Jika Anda udah mencoba perawatan di atas selama 4-8 minggu dan tidak tersedia perubahan, sebaiknya Anda berkonsultasi bersama dengan dokter atau pakar dermatologi.
2. Razor burn

mencukur jenggot kulit berjerawat

Selain jerawat, kasus kulit wajah lainnya yang kerap dialami oleh pria adalah razor burn. Razor burn merupakan iritasi kulit yang kerap berlangsung pada pria yang baru saja mencukur jenggot mereka.

Menurut Christopher G. Bunick, MD, PhD., seorang ahli dermatologi kepada Yale Medicine, kondisi ini berlangsung akibat sebagian hal, seperti:

    Pisau cukur yang tumpul, baik yang manual maupun elektrik, sehingga memicu dermatitis kontak.
    Mencukur terlalu dekat dan menimbulkan banyak gesekan terhadap wajah.
    Menggunakan krim, gel, atau losion cukur bersama kandungan bahan kimia dan pengharum yang memicu kulit makin lama sensitif.

Tentu saja Anda tetap bisa menanggulangi masalah iritasi kulit setelah mencukur ini bersama dengan membuat perubahan beberapa tradisi Anda.
Suggestions mengatasi razor burn pada pria:

    Menggunakan krim atau losion cukur tanpa pewangi
    Memilih pisau cukur bersama jumlah pisau four-5 supaya iritasi cepat hilang.
    Bercukur ke arah bawah supaya iritasi tidak tambah parah.
    Mengoleskan krim atau losion kortison yang punya kandungan lidah buaya dan vitamin E untuk menenangkan kulit dan kurangi warna kemerahan.

3. Wajah terbakar matahari
Sumber: Males’s Health

Banyak pria yang tak hiraukan dan menganggap mudah ketika kulitnya memerah akibat terbakar matahari alias sunburn.

Padahal, menurut Division of Well being and Social Care United Kingdom, keadaan ini bisa menjadi menandakan bahwa DNA di kulit mereka sudah rusak. Selain itu, muka yang terbakar oleh matahari juga meningkatkan risiko kanker kulit.

Memang Anda dapat meraih vitamin D dari sinar matahari, tetapi terpapar sinar UV di atas jam 10 pagi tanpa pertolongan apa pun juga tidak baik untuk kulit Anda.

Maka itu, baik para pria dan wanita, amat direkomendasikan untuk gunakan sunscreen atau sunblock ketika terlihat berasal dari ruangan sehingga kulit mereka terlindungi.
Tips menangani wajah yang terkena sunburn:

    Mengoleskan krim atau losion yang mempunyai kandungan vitamin E terhadap kulit dua kali sehari untuk mengembalikan kesegaran wajah.
    Untuk hasil yang maksimal, mengonsumsi suplemen vitamin E.
    Memaksimalkan perlindungan bersama memanfaatkan topi, busana lengan panjang, atau payung yang bisa kurangi paparan sinar matahari.

4. Mata panda

Sebenarnya, mata panda atau munculnya lingkaran gelap di sekitar mata menjadi kasus hampir semua orang. Hal ini ringan berjalan pada pria yang kerap begadang pada malam hari. Meski begitu, sebenarnya mata panda disebabkan oleh sebagian hal:

    Penuaan
    Kurang tidur
    Faktor keturunan
    Terkena sinar matahari

Keempat aspek berikut memicu kulit jadi lebih tidak tebal dan mengurangi takaran kolagen kulit. Akibatnya, pembuluh darah di bawah mata Anda jadi lebih keluar dan kulit di tempat berikut terlihat lebih gelap.

Selain itu, aspek stres dan kurangnya makanan yang bernutrisi terhitung memperparah mata panda, supaya Anda keluar lebih penat dan tentu saja mengakibatkan kerusakan penampilan.

Oleh karena itu, ada sebagian cara untuk menanggulangi persoalan kulit muka yang sering dialami oleh pria ini.
Tips mengatasi mata panda terhadap pria:

    Menambah asupan buah dan sayur bersama takaran nutrisi dan vitamin yang bisa kurangi lingkaran hitam dan menaikkan kebugaran kulit.
    Rutin berolahraga.
    Menggunakan masker atau irisan timun yang sudah didinginkan pada kelopak mata untuk menenangkan kulit.
    Melakukan perawatan di dokter atau klinik kecantikan kulit.

5.  Kerutan di wajah

penyebab kerutan pada muka pria

Seiring bersama dengan bertambahnya usia, tentu keriput di muka bakal jadi banyak dan tidak bisa dihindari. Masalah kulit muka yang termasuk dialami oleh pria ini kebanyakan disebabkan oleh penuaan dan faktor-faktor tertentu, yaitu:

    Terlalu kerap terpapar cahaya matahari tanpa dilindungi oleh apapun mampu mengurangi serat kolagen kulit dan tingkatkan kerutan di wajah.
    Merokok sebab senyawa kimia yang di lepaskan oleh asap rokok mempercepat proses penuaan kulit, sehingga keriput di wajah tambah banyak.
    Penurunan berat badan secara tiba-tiba membuat kerutan di wajah makin lama terlihat.
    Ekspresi wajah pengaruhi kerutan pada dahi, sudut mata, dan mulut gara-gara ada kontraksi otot kecil terhadap wajah. 

Tips mengurangi kerutan di muka pria:

Sebenarnya, menghambat kerutan di wajah sebetulnya tidak dapat ditunaikan karena hal tersebut lumrah terjadi bersamaan bersama pertambahan umur. Akan tetapi, Anda bisa melakukan perbaikan keadaan berikut bersama jauhi segi yang jadi penyebabnya, seperti:

    Berhenti merokok dan menghindari paparan asap rokok.
    Melindungi kulit dari cahaya matahari dengan sunscreen, topi, dan busana berlengan panjang.
    Mengoleskan pelembap kulit tiap tiap malam sebelum tidur sebab kulit kering sanggup merubah sel kulit jadi keriput.

Masalah kulit wajah yang kerap dialami pria memang benar-benar umum dan berlangsung termasuk pada wanita. Namun, tidak jarang kebanyakan pria menyepelekan perihal tersebut, agar kesehatan kulit mereka condong terabaikan. Maka itu, mulailah melindungi kesegaran kulit wajah agar tidak mengalami persoalan yang sudah disebutkan tadi. 

Baca Juga :
Jual Rak Buku Anak
Rak Buku Anak TK